ESTJ dan PSIKOTES


Dear Readers,

Hujan sedang mengguyur kota Yogyakarta sore ini. Karena gw udah engga ada kelas tapi engga bisa pulang gegara ujan jadinya iseng deh ‘ngenet’ gag jelas gitu. Sebenernya tujuan awal gw sih mw nyari bahan buat ngerjain tugas, tapi engga tau kenapa pas lagi surfing dieyang google malah keluarnya “tes psikotes online”. Yaa udah deh iseng-iseng mengenali jati diri, gw buka aja tuh link, abis itu gw ikutin aturan maennya and finally gw mainin deh itu tes. Then apa hasilnyaaaa??? Taraaaaa….Jreng..jreng katanya kepribadian gw itu “ESTJ”, gw juga engga ngerti tuh apa ESTJ, dari pada sama-sama engga ngerti yuuuk cyiiin simak deh apa itu ESTJ!

The Guardian

ESTJ itu praktis, realistis, dan biasa saja, dengan dorongan alamiah untuk bisnis atau mekanik. Meskipun mereka tidak tertarik pada mata pelajaran yang menurut mereka tidak berguna atau diperlukan. Mereka ingin mengatur dan menjalankan semua rencana dalam sebuah kegiatan. ESTJ adalah administrator yang baik

ESTJ adalah orang yang menyenangkan dan tidak ragu untuk berkomunikasi mengutarakan pendapat dan harapan kepada orang lain.

ESTJ hidup dalam dunia fakta dan kebutuhan. Mereka hidup di masa sekarang, dengan mata mereka terus-menerus memindai lingkungan pribadi mereka untuk memastikan bahwa semuanya berjalan lancar dan sistematis. Mereka menghormati tradisi dan hukum, dan memiliki standar dan keyakinan. Mereka mengharapkan hal yang sama pada orang lain, dan tidak memiliki kesabaran pada orang yang tidak menghargai sistem ini. Mereka menghargai kompetensi dan efisiensi, dan ingin melihat hasil yang cepat untuk usaha mereka.

ESTJ memiliki sebuah visi yang jelas. Mereka percaya diri dan agresif. Mereka sangat berbakat menyusun sistem dan rencana, dan bisa melihat apa langkah-langkah yang perlu diambil untuk menyelesaikan tugas tertentu. Mereka kadang-kadang bisa sangat menuntut dan kritis, karena mereka memiliki keyakinan yang dipegang teguh, dan cenderung untuk mengekspresikan diri. ESTJ ini sangat lurus ke depan dan jujur.

Para ESTJ biasanya merupakan contoh dan pilar masyarakat. Dia mengambil komitmen mereka denganserius, dan mengikuti standar mereka sebagai “warga negara yang baik”. ESTJ menikmati saat berinteraksi dengan orang, dan suka bersenang-senang. ESTJ bisa sangat riuh dan menyenangkan di acara-acara sosial, terutama kegiatan yang difokuskan pada keluarga, masyarakat, atau pekerjaan.

Para ESTJ perlu diperhatikan kecenderungan untuk menjadi terlalu kaku, dan menjadi terlalu berorientasi pada detail. Karena mereka menempatkan banyak berat badan dalam kepercayaan mereka sendiri, penting bahwa mereka ingat untuk menghargai masukan orang lain dan pendapat. Jika mereka mengabaikan sisi Merasa mereka, mereka mungkin memiliki masalah dengan memenuhi kebutuhan lain untuk keintiman, dan tanpa sadar bisa melukai perasaan orang dengan menerapkan logika dan alasan untuk situasi yang menuntut sensitivitas lebih emosional.

Ringkasan: Praktis, realistis, berpegang teguh. Tegas, cepat bergerak untuk melaksanakan keputusan. Pandai mengatur proyek dan berusaha mendapatkan sesuatu, fokus untuk mendapatkan hasil dengan cara yang paling efisien. Menyukai rincian dan rutinitas. Memiliki standar logis, sistematis dan ingin orang lain juga mengikutinya. Kuat dalam melaksanakan rencana mereka.

Kata kunci: Mengatur orang, analitis, pemecahan masalah di tingkat fungsional, mengembangkan dan menjalankan proses dan prosedur.

Karir pekerjaan: Manajemen dan administrasi, penegakan hukum, manajer bisnis, teknisi, produksi.

 

Gw engga hobby plagiat kaleee yaa, ne gw cantumin linknya. So, loe termasuk yang manaaa?

Source: http://www.psikologizone.com/tipe-kepribadian-enfj

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s